Pemrograman adalah sebuah proses menulis

Pemrograman adalah sebuah proses menulis

Pemrograman adalah sebuah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu aplikasi / sistem komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman yang ada. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau ‘pekerjaan’ sesuai dengan keinginan si pemrogram. Untuk melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma (prosedur dalam membuat urutan urutan logika untuk menyelesaikan sebuah masalah), logika, bahasa pemrograman, dan pada banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.

Pemrograman adalah

Pemrograman adalah suatu seni dalam menggunakan satu atau lebih algoritma yang saling berhubungan dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentu sehingga menjadi suatu program komputer. Bahasa pemrograman yang berbeda mendukung gaya pemrograman yang berbeda pula. Gaya pemrograman ini biasa disebut paradigma pemrograman.

Baca Juga : Alasan menggunakan website

Apakah memprogram perangkat lunak lebih merupakan seni, ilmu, atau teknik telah lama diperdebatkan. Pemrogram yang baik biasanya mengkombinasikan ketiga hal tersebut, agar dapat menciptakan program yang efisien, baik dari sisi saat dijalankan (run time) atau memori yang digunakan.

Pemrograman sendiri adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh orang yang disebut programmer dengan tujuan membuat sebuah sistem ataupun aplikasi yang di pergunakan untuk menyelesaikan beberapa tugas maupun masalah yang sedang dan akan dihadapi.

Sebelum kegiatan menulis program (programing) ini, perlu dilakukan beberapa tahapan, sehingga seorang programmer bisa dan harus menuliskan program dengan bahasa yang di sukai maupun yang diperlukan sesuai dengan projectnya.

Tahapan tahapan tersebut antara lain :

  1. Analisa
  2. Database Design
  3. Layout Design
  4. Programming/Coding

Analisa :

Adalah sebuah kegiatan yang dilakukan sebelum membuat program itu sendiri, kegiatan ini lebih kepada melakukan observasi kepada masalah/kebutuhan sistem/aplikasi terhadap klien

Database Design:

Adalah sebuah kegiatan lanjutan dari hasil observasi yang kemudian dianalisa oleh seorang System Analyst. Dari hasil analisa tersebut maka dapat dibuat sebuah design database yang dibuat oleh Database Designer maupun Database Administrator.

Layout Design :

Adalah kegiatan yang dilakukan oleh seorang designer (Web Design/maupun layout designer) yang akan membuat design sebuah system sesuai dengan permintaan klien dan bisa dibuat se user friendly mungkin.

Programming/Coding:

Kegiatan ini lah inti dari pembahasan kita kali ini, yaitu menuliskan kode kode program dengan bahasa program yang sesuai dengan kebutuhan.

(https://id.wikipedia.org/wiki/Pemrograman)