Dasar dasar pemrogramman PHP (PHP untuk Pemula)

Dasar dasar pemrogramman PHP (PHP untuk Pemula)

Dasar dasar pemrogramman PHP  (PHP untuk Pemula) – Pertama kali di cetuskan oleh Rasmus Lerdorf seorang programmer web yang tidak puas atas performa dan sistem yang ada pada saat itu, sehingga dia menciptakan sebuah model interface (antarmuka) yang dapat digunakan untuk menampung informasi tentang pengunjung situsnya. Pertama kali Rasmus membuat interface tersebut menggunakan PERL dan kemudian dikembangkan lebih lanjut dengan bahas C untuk memberikan fleksibilitas pada interface tersebut.

Pada awalnya interface tersebut di beri nama yaitu Personal Home Page, yang memiliki kemampuan untuk mencatat semua informasi dari pengunjung sebuag situs online-nya. Kemudian dimodifikasi dengan cara mendukung database mSQL atau Mini Structure Query Language dengan menggunakan parses SQL yang kemudian parser ini diberi nama FI(Form Interpreter). Selanjutnya PHP/FI versi 2.0 diluncurkan dan merupakan awal mula kelahiran dari PHP yang sampai dengan saat ini sudah sampai versi 7.x.x. Kemudian PHP ini dikembangkan oleh tim untuk memberikan kemampuan yang seimbang dengan aplikasi lainnya.

Saat ini pengembang utama PHP adalah ZEND. Dan telah mendistribusikan Zend Engine nya untuk pengembangan PHP. Karena kemudahan dan keandalan PHP dalam proses pemrogramman, sudah sangat banyak sekali pengguna PHP di dunia ini.

 

EDITOR YANG DIGUNAKAN

Kita bisa menggunakan text ditor apa saja untuk mempelajari bahasa pemrogramman ini, supaya lebih nyaman dalam menuliskan kode kode programnya. Beberapa contoh editor yang bisa digunakan untuk menuliskan kode kode program PHP.

Baca Juga : http://ngedesign.com/jasa-pembuatan-toko-online-di-bekasi/

Dreamweaver

Editor ini merupakan sebuah editor yang sangat hebat, sebab mempunyai kemampuan debuging yang sangat teruji dan sangat memudahkan kita dalam menuliskan kode kode program PHP. Editor ini mempunyai kemampuan untuk mengoreksi sintaks sintaks yang salah dan akan menampilkan kode PHP yang membuat kita tidak terlalu pusing dengan menghafal ribuan sintaks PHP. Bisa untuk disain secara visual juga. Untuk Dreamweaver ini adalah aplikasi yang berbayar, jadi bukan aplikasi gratisan. Dibawah ini adalah contoh Editor Dreamweaver

Dasar dasar pemrogramman PHP

Notepad++

Aplikasi ini termasuk aplikasi yang lumayan baik, ada autocorrect nya juga, tetapi tidak sehandal DW. Aplikasi ini hanya untuk menuliskan kode kode saja, tidak bisa untuk desain visual.

Dasar dasar pemrogramman PHP

Sublime

Sama seperti notepad++ aplikasi ini hanya untuk menulis kode kode program saja… tetapi lebih powerfull dibanding dengan notepad++. dan aplikasi ini berbayar… walaupun ada versi free nya.

Dasar dasar pemrogramman PHP

dan masih banyak aplikasi Text Editor yang bisa dipakai… aplikasi di atas yang sering saya pakai untuk menuliskan progeam program PHP pada proyek proyek saya.

Semoga bermanfaat

wassalam…

Kunjungi Kami :  Wismakreasi